Senin, 24 Februari 2014

Sejarah sepak bola di Inggris


Di Inggris sepak bola adalah olah raga nasional yang banyak digemari. Peraturan-peraturan modern pertama permainannya dibuat pada tahun 1863, dan berpengaruh besar pada perkembangan aturan permainan saat ini. Dengan lebih dari 40.000 klub sepak bola, menjadikan Inggris sebagai negara terbanyak yang mempunyai klub yang berpartisipasi.
Inggris dianggap sebagai tempat kelahiran sepak bola. Anggapan ini berdasarkan sejarah yang ada dari Inggris dengan adanya klub sepak bola tertua di dunia (Sheffield FC), Badan Nasional pengatur sepak bola tertua di dunia (The Football Association), tim nasional pertama, kompetisi sistem gugur nasional tertua (Piala FA) dan liga nasional tertua (The Football League). Saat ini Liga domestik Inggris, Liga Primer, adalah salah satu liga olahraga paling populer dan terkaya di dunia, dan merupakan rumah bagi beberapa klub terkenal di dunia sepak bola.
Permainan sepak bola modern secara global pertama kali dikodifikasi pada tahun 1863 di London. Latar belakangnya adalah untuk menyatukan permainan sepak bola di sekolah umum dan universitas di Inggris.
Sepak bola dimainkan di Inggris sejak abad pertengahan. Bukti tertulis pertama dari pertandingan sepak bola ditemukan sekitar tahun 1170, ketika William Fitzstephen menulis tentang kunjungannya ke London, "Setelah makan malam semua pemuda kota keluar ke ladang untuk permainan bola yang sangat populer." Permainan menendang bola digambarkan di Inggris dari 1280.
Pada tahun 1314Raja Inggris Edward II, menceritakan tentang olahraga sepak bola dan penggunaan bola.Pada abad ke-16 referensi mengenai tim yang terorganisir dan mempunyai tujuan tertentu muncul. Ada bukti untuk wasit, permainan tim sepak bola yang dimainkan di sekolah bahasa Inggris setidaknya sejak 1581.
Aturan Cambridge adalah aturan pertama yang dibuat di Universitas Cambridge pada tahun 1848, secara khusus berpengaruh dalam pengembangan aturan sepak bola berikutnya. Selama tahun 1850-an, banyak klub yang tidak berhubungan dengan sekolah atau universitas terbentuk di seluruh dunia, yang memainkan berbagai bentuk sepak bola. Beberapa muncul dengan aturan permainan mereka sendiri yang berbeda dari aturan yang ada, terutama Sheffield Football Club (klub tertua di dunia), yang dibentuk oleh mantan siswa sekolah umum pada tahun 1857, dan mempengaruhi pembentukan Sheffield & Hallamshire Football Association pada tahun1867.

Pic 1 : Klub royal engineers FC tahun 1872

Liga profesional pertama kali dibentuk pada tahun 1888 oleh Direktur Aston Villa yaitu William McGregor. Sejak didirikan, kemudian banyak liga lainnya didirikan di Inggris. Selama bertahun-tahun telah terjadi peningkatan upaya untuk menghubungkan semua liga untuk menjadi sebuah kesatuan dengan bentuk struktur piramida dan memungkinkan adanya promosi dan degradasi antara tingkat yang berbeda. Motivasi utama untuk usaha ini adalah untuk menjaga kemungkinan bahwa setiap klub di Inggris mungkin berkeinginan suatu hari naik ke bagian yang paling atas, tidak peduli apa status mereka.
Dalam penelitian yang dibuat oleh FIFA pada tahun 2006 ada sekitar 40.000 klub terdaftar di FA, sehingga Inggris adalah negara yang memiliki klub sepak bola paling banyak dibanding negara lain di dunia. Di urutan kedua adalah Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) yang memiliki 29.000 klub terdaftar.
 LIGA PRIMER
Liga Primer atau bisa disebut juga dengan Liga Utama Inggris, dibentuk mulai musim 1992-93 sebagai akibat dari ketidakpuasan klub-klub terkemuka Inggris saat itu yang sebelumnya bermain dengan The Football League. Tetapi hubungan dengan kompetisi Football League tetap dipertahankan, dan setiap akhir musim tiga klub terbawah yang terdegradasi dari Liga Primer diganti dengan tiga klub teratas dari Championship.
Liga Primer bersifat sebagai divisi tunggal dan diikuti oleh 20 klub dalam setiap musim. Setiap klub di Liga Primer dalam setiap musim tertentu memiliki satu per duapuluh bagian di liga, yang berarti bahwa mereka semua adalah pemilik dengan hak dan tanggung jawab yang sama.

Pic 2 : Piala FA tahun 1896

Ada beberapa piala kompetisi untuk klub-klub di berbagai tingkat piramida sepak bola di Inggris. Dua kompetisi piala utama adalah Piala FA dan Piala Liga, dan pemenang dari 2 kompetisi ini berhak mengikutiLiga Eropa UEFA.
  • Piala FA adalah kompetisi piala nasional tertua dan paling dihormati. Kompetisi ini terbuka untuk sekitar 600 klub di tingkat 1-11 dari piramida sepak bola Inggris, pertama kali diadakan pada tahun 1872.
  • Piala Liga adalah kompetisi piala utama kedua di Inggris, dan diperebutkan oleh 92 klub dari Liga Primer dan Football League.
  • FA Community Shield merupakan pertandingan tunggal yang dimainkan setiap bulan Agustus antara juara Piala FA dan juara Liga Primer.
  • Trofi Liga adalah sebuah kompetisi piala untuk klub di Football League One dan Football League Two.
  • Trofi FA adalah piala untuk klub yang bermain di tingkat 5-8 dari piramida sepak bola Inggris (tingkat 1-4 dari Sistem Liga Nasional), yaitu dua belas divisi dari Football Conference, Football Liga Selatan, Liga Isthmian dan Northern Premier League[14].
  • FA Vase adalah piala untuk klub di tingkat 9-10 dari piramida sepak bola Inggris (tingkat 5-6 dari Sistem Liga Nasional)[14].
  • Piala Liga Conference adalah untuk klub di tingkat 5-6 yakni tiga divisi Football Conference yang dibentuk pada tahun 1979.
  • Piala FA Sunday merupakan kompetisi sistem gugur nasional untuk semua tim liga Minggu, yang sudah berlangsung dari tahun 1965. Final tahun 2008 diadakan di Stadion Anfield.
  • Piala AFA Senior adalah kompetisi sepak bola amatir yang diselenggarakan oleh Aliansi Sepakbola Amatir.
Selain itu juga terdapat beberapa kompetisi piala yang saat ini sudah tidak diadakan lagi yaitu:
  • Piala FA Amatir (1893–1974)
  • Sheriff of London Charity Shield (1898–1907, 1931–1934 dan 1965–1966)
  • Piala Anglo-Italian (1970–1973, 1976–1986 dan 1992–1996)
  • Piala Watney (1970–1973)
  • Piala Texaco Cup (1971–1975)
  • Piala Anglo-Scottish (1975–1981)
  • Piala Super Inggris (1985)
  • Piala Full Members (1985–1992)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar