Jumat, 27 Juni 2014

Kegiatan Bakti sosialnya Youth social Project 2014

Kayak apa sih bakti sosial alias baksosnya Youth Social Project 2014?
Jujur, yang namanya baksos, pasti tujuannya untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain, beramal, sekaligus melatih kepekaan hati kita. Well, itu semua adalah tujuan akhir kita. Berbagi kebahagiaan, beramal, melatih kepekaan.
Actually, fortunetelly, possibly, dan -ly -ly lainnya, ini sama kayak baksos lainnya. Nah, kita sebagai perusuh acara (re: panitia acara), memilih pasar murah dan pemeriksaan kesehatan gratis sebagai kegiatan di dalam baksos ini.
Terus, apaan dong yang beda?
Ya yang beda adalah background dari masyarakatnya. Dominasi para pekerja dari pertambangan intan, desa Sungai Tiung, Cempaka.
At all, untuk orang yang baru pertama kali lihat tanpa tahu seluk beluk terdalam pertambangan intan Cempaka, pasti berpikir “Ah, mereka mampu- mampu aja. Toh, keliatannya makmur- makmur aja. Rumah gak jelek- jelek amat. Deket sama jalan raya. Masih bisa makan ikan.”. Tapi, untuk kami yang insyaAllah sudah paham, mereka nggak seperti itu :)
Soal penghasilan: Penghasilan mereka tidak tetap perharinya. Jadi, kalau ditanya “Berapa penghasilan bapak dalam sehari?”, pasti mereka jawab “Ya, nggak tentu mas. Kadang berangkatnya nggak bawa apa- apa, pulangnya bisa kaya raya” *pakai bahasa Banjar*
Soal kesehatan: Haduuuh, tiap hari mereka “nyemplung” ke kolam susu buat nyari intan yang kadang nggak dihargai seberapa jika dibandingkan dengan kesehatan mereka lhoo.. jadi, kami memilih pemeriksaan kesehatan gratis sebagai kegiatan yang tepat untuk diadakan di sana..
Maka dari itu, semua alasan yang kami jadikan dasar adalah “kami akan membawa kalian menelaah, melihat, mendengar, dan merasakan” lebih dalam, apa yang sebenarnya terjadi, dialami, dirasakan oleh masyarakat Cempaka melalui kegiatan baksos ini.
Kami ingin, kita, sebagai pemuda, menjadi Mata, Hati, dan Telinga untuk Indonesia…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar