Rabu, 02 Juli 2014

Apa yang Terjadi Ketika AEC - Asean Economic Comunity Berjalan di 2015


Apa yang Terjadi Ketika AEC - Asean Economic Comunity Berjalan di 2015

  

1 januari 2015 sudah di depan mata , saat dimana kita akan masuk ke dalam integrasi ekonomi asean .Saat saat dimana tantangan bisnis akan makin ketat dengan makin mudahnya perpindahan barang , jasa , dan modal .

Opini ini saya buat dari hasil membaca berbagai berita dan hasil diskusi dengan bayak pelaku bisnis khususnya di sekitaran negara asean .
Bidang apa saja yang akan kita integrasikan dalam integrasi ekonomi asean
1. Perpindahan barang
Barang barang produksi negara negara asean akan lebih mudah masuk ke negara negara anggota asean .
Dengan keistimewaan berupa penyeragaman pajak yang sama , yang tentunya lebih rendah dari yang terjadi saat ini , setiap negara asean wajib membuka pasar negaranya untuk barang barang produksi negara negara Asean .
Ada keuntungan dan kerugian ketika hal ini terjadi .
Keuntungan kita adalah kita bisa lebih mudah memperluas pasar produk kita ke negara negara asean , sangat menguntungkan untuk perusahaan perusahaan yang export oriented . Perusahaan perusahaan yang memiliki nilai tambah yang tinggi dan punya keunikan tersendiri akan memperoleh manfaat yang besar dari terbukanya market asean .
Kerugian kita - Indonesia adalah negara yang terbesar dari sepuluh negara asean . Market kita akan terbuka dan lebih mudah bagi barang barang untuk masuk ke dalam negara ini . Pengusaha Indonesia harus bersiap menghadapi serbuan barang import yang akan semakin luar biasa. Industri pertama yang menurut saya akan mengalami tekanan terbesar adalah makanan dan minuman . Masuknya barang ke indonesia kemungkinan bukan hanya dari negara asean , termasuk juga barang barang dari china, barang barang china yang akan masuk melaluin malaysia dan mengalami perubahan labeling seolah olah barang tersebut made in Malaysia , hal ini dikarenakan mudahnya dan rendahnya pajak import di negara malaysia .
2. Perpindahan manusia - man power
Perpindahan orang akan semakin mudah dilakukan , memang selama ini berlaku bebas visa antar negara asean , tetapi ini hanya visa tourist atau kunjungan singkat .
Kemudahan visa juga akan berlaku untuk visa kerja , sedemikian kita bisa bekerja dimanapun sepanjang 10 negara asean tanpa perlu prosedur yang terlalu rumit .
Tahun tahun mendatang kita akan melihat persaingan yang ketat di angkatan kerja kita , terutama untuk pekerjaan level menengah keatas. Kita akan melihat banyak guru guru asing (utamanya dari filiphine) yang akan bekerja di sekolah sekolah swasta kita . Level menengah keatas akan masuk profesional profesional negara negara asean menyerbu masuk .
Untuk level menengah kebawah , kesenjangan gaji antar negara asean sedikit banyak akan menarik sebagian buruh kita untuk mencoba peruntungan di luar negeri.
3. perpindahan modal
Investasi antar negara asean akan di buat lebih mudah. Persyaratan , ijin semuanya akan dibuat seragam sehingga investasi antar negara asean akan makin mudah .
Indonesia market yang terbesar , akan ada banyak perusahaan yang berinvestasi langsung di Indonesia .
Investasi ini selain baik untuk pertumbuhan indonesia namun ada sisi yang perlu diwaspadai .
Pertama persaingan pasti akan makin tajam
kedua - angkatan kerja kita akan makin banyak terserap , kita mesti bersiap untuk melepaskan image gaji murah untuk buruh buruh kita , kekurangan buruh akan terjadi (hal ini sudah dirasakan oleh banyak perusahaan saat saat ini)
4. Penyeragaman standar industri
Indonesia punya SNI , Malaysia punya MSIC , negara negara dalam kawasan asean masing masing punya standard sendiri sendiri untuk masing masing barang , dimasa depan akan ada penyeragaman menjadi standard industri asean
Fungsi nya adala membuat standard yang sama sehingga barang yang diproduksi di thailand bisa dijual di Indonesia atau malaysia dan sebaliknya
5. Penyatuan pasar modal
Masing masing negara asean memiliki bursa saham masing masing . Penyatuan bursa dilakukan secara bertahap dimulai dengan dibukanya perdagangan saham antar negara asean. Kita yang selama ini memperdagangkan saham saham di bursa efek jakarta bisa mulai bermain di bursa saham negara asean lainnya .
Satu sisi yang baik adalah kapitalisasi pasar kita akan makin membesar dengan mudahnya investasi antar negara asean masuk ke bursa kita.
Saham saham blue chip di bursa kita akan mengalami penguatan yang cukup significan dengan terbukanya pasar ini .
Kesimpulan :
Siap atau tidak siap , siapapun presiden kita ke depan , kita akan memasuki era baru dalam bisnis kita . Era yang penuh persaingan dan tantangan yang baru .Mungkin kita sebagai pebisnis akan mengalami masa yang sedikit sulit untuk bersaing di tengah ketidak siaan kita mengahadapi ini . Tetapi dari semua ini saya boleh ambil kesimpulan secara keseluruhan kita akan sangan diuntungkan dengan terbukanya pasar asean ini . Pendapatan perkapita kita akan naik lebih tinggi dibanding saat ini .
Akhir kata ” Selamat memasuki pasar baru ASEAN” 

sumber :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar